Fungsi Gigi Kita

Minggu, 08 September 2019

credit pict: republika
Semua bagian tubuh kamu mempunyai fungsinya masing-masing, termasuk juga gigi kamu. Gigi memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :

Pengunyahan
Gigi berperan penting untuk menghaluskan makanan agar lebih mudah ditelan serta meringankan kerja proses pencernaan. Gak mungkin dong kamu menelen semua makananmu bulet-bulet kaya uler!  Kalau pun mungkin, kasian dong sama organ pencernaanmu yang lain. Tentunya mereka akan bekerja lebih berat dan penyerapan makanan pun gak akan maksimal.

Berbicara
Gigi sangat diperlukan untuk mengeluarkan bunyi atau huruf-huruf tertentu seperti T, V, F, D dan S. Tanpa gigi bunyi huruf-huruf ini gak akan terdengar dengan sempurna. Ngomong pun akan belepotan. Contohnya mungkin bisa kamu lihat pada kakek-kakek atau nenek-nenek yang sudah ompong.

Estetik
Sebuah senyum gak akan lengkap tanpa hadirnya sederetan gigi yang rapih dan bersih. Coba deh bayangin Luna Maya atau Tora Sudiro tanpa gigi.  Masih kelihatan cantik dan ganteng gitu? Hampir semua orang yang profesinya mengandalkan penampilan didepan orang banyak seperti pemain film, MC, atau penyanyi membutuhkan gigi yang tersusun indah. Orang yang berprofesi seperti ini bahkan sampai rela menghabiskan uangnya untuk melakukan pperawata agar gigi mereka tersusun rapi, bersih dan berwarna putih berkilau.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Rahang
Banyak hal terjadi apabila gigi kamu hilang. Diantaranya gangguan pengunyahan,  susunan gigi yang gak teratur (disebut malik lusi), tulung alveolar yang berkurang (resopsi), gangguan pada sendiri rahang, dan penyakit pada jaringan periondontal.  Apabila gigi kamu terpaksa harus dicabut, akan  lebih baik bila gigi gigi tersebut diganti dengan gigi tiruan alias gigi palsu agar kesehatan mulut tetap terjaga.


Sumber:
Ramadan Gilang,Ardyan.2010.Serba Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut.Jakarta:Bukune.

1 komentar: